Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Lebaran

Rabu, 08 Juli 2015 - 04:35 WIB
Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Lebaran
Pemprov DKI Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Lebaran
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memastikan stok sembilan bahan pokok (sembako) aman jelang Hari Raya Idul Fitri. Diharapkan pula tidak ada kenaikan harga di pasar karena stoik sembako telah aman.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, setelah mengunjungi sejumlah gudang-gudang sembako, dapat dipastikan stok sembako khususnya beras aman hingga lebaran. Menurut Djarot, salah satu BUMD yakni PT Food Station Tjipinang Jaya sejauh ini telah berusaha keras menjaga ketahanan pangan sesuai amanat pemerintah.

Untuk itu, kata dia, Pemprov DKI akan menjadikan PT Tjipinang Jaya sebagai penyangga (buffer stock) secara penuh. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya berorientasi mencari keuntungan tetapi memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan beras.

"Kami pastikan harga bahan pokok jelang Lebaran aman. Sebab, stok persedian bahan pangan masih banyak. Kalau bahan banyak seharusnya harga tidak mengalami kenaikan," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 7 Juli 2015.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang, Jaya Dwi Antono menuturkan, jika stok beras saat ini masih sekitar 43.000 ton. Artinya apabila dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama sekitar 23.000 ton, stok pangan sangat cukup dan harga dipastikan aman.

"Harga juga terkendali karena stok beras ada. Tengkulak enggak bisa main. Harga sekarang paling rendah Rp8.000/kg," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5061 seconds (0.1#10.140)