30 KRL Asal Jepang Mulai Disertifikasi

Rabu, 08 Juli 2015 - 00:20 WIB
30 KRL Asal Jepang Mulai Disertifikasi
30 KRL Asal Jepang Mulai Disertifikasi
A A A
JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) tengah melakukan sertifikasi terhadap 30 kereta rel listrik (KRL) yang baru tiba dari Jepang. Sertifikasi ini dilakukan secara bertahap.

Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa mengatakan, rangkaian pemeriksaan untuk sertifikasi sangat detil mulai dari pengujian kereta baik saat berjalan maupun saat statis. Kemudian dilakukan pengecekan, terkait keselamatan, pengereman, pendingin ruang kereta, tuas-tuas, kondisi roda, dan kelengkapan lainnya.

"Intinya untuk kelaikan dilihat dari sisi keselamatan dan kelengkapan sarana keretanya," kata Eva, Selasa 7 Juli 2015 kemarin. Setelah sertifikasi selesai dilaksanakan, selanjutnya PTJ membuat laporan ke Dirjen Perkeretaapian untuk mendapatkan surat laik jalan, kemudian digunakan untuk mengangkut penumpang.

"Untuk waktu sertifikasi bisa satu sampai dua bulan, termasuk perubahan stiker di dalam kereta yang menyangkut peraturan," tuturnya. Eva menjelaskan, setelah tahapan itu selesai yang dilakukan adalah pengawasan sarananya terkait dengan keselamatan.

Seluruh KRL setiap tahunnya akan dicek melalui uji berkala dan random cek melalui Direktorat Keselamatan Ditjen Perkeretaapian.

Sementara itu Sekjen KRL Mania Nurcahyo mengatakan, proses sertifikasi merupakan hal yang sudah wajib untuk dilakukan mengingat kereta merupakan transportasi publik. Jika ada kesalahan dalam pengecekan tentu bisa berimbas pada keselamatan. Namun selama ini belum ada rangkaian kereta yang terkendala. "Jika demikian, proses sertifikasi berjalan normal," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7827 seconds (0.1#10.140)