DKI Pekerjakan 14 Ribu Warga untuk Bereskan Jakarta

Senin, 06 Juli 2015 - 05:35 WIB
DKI Pekerjakan 14 Ribu Warga untuk Bereskan Jakarta
DKI Pekerjakan 14 Ribu Warga untuk Bereskan Jakarta
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta perdayakan masyarakat untuk membantu membereskan wilayahnya dari berbagai masalah. Saat ini sedikitnya ada sekitar 50% dari target 14.000 warga yang akan diperdayakan tahun ini.

Asisten Sekretaris Daerah DKI Jakarta Bidang Kesejahteraan Masyarakat Bambang Sugiyono, mengatakan, sebagai garda terdepan masyarakat tentunya menjadi peran penting dalam membantu kebersihan, kenyamanan dan keamananan di Jakarta. Untuk itu, pada tahun ini Pemprov DKI Jakarta akan memperdayakan 14.000 warga yang tergabung dalam Pekerja Pelaksana Prasarana Sarana Umum (PPSU) dan tersebar di 265 kelurahan.

"Masing-masing kelurahan nanti akan memiliki 40-70 petugas. Tergantung kondisi luas wilayah tersebut. Penugasannya akan langsung diberikan oleh lurah maupun sekretaris kelurahan," kata Bambang Sugiyono, Minggu 5 Juli kemarin.

Bambang menjelaskan, saat ini sedikitnya sudah ada sekitar 50% dari jumlah yang ditargetkan sekitar 7.000 PPSU. Mereka direkrut oleh masing-masing kelurahan berdasarkan domisili kelurahannya agar tidak tumpang tindih dengan pekerja harian lepas perangkat daerah laiin ataupun kelurahan lainnya.

Belasan ribu PPSU tersebut, kata Bambang mendapatkan gaji sebesar Upah Minimum Provinsi (UMP) Rp2,7 Juta dan ditugaskan untuk pekerjaan-pekerjaan yang tidak memerlukan keahlian. Seperti membersihkan sampah baik di darat maupun di air, termasuk memperbaiki sementara jalan yang berlubang, mengevakuasi pohon tumbang, dan lain sebagainya.

"Mereka juga difungsikan sebagai mata dan telinga lurah untuk turut membantu kondisi masing-masing warga. Misalnya ada warga yang tidak mampu, atau tidak mampu sekolah, petugas bisa langsung informasikan ke Lurah. Jadi bisa cepat ditindaklanjuti," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6852 seconds (0.1#10.140)