4 Pedagang Ayam di Pasar Palmerah Sengaja Gunakan Formalin

Rabu, 01 Juli 2015 - 22:18 WIB
4 Pedagang Ayam di Pasar Palmerah Sengaja Gunakan Formalin
4 Pedagang Ayam di Pasar Palmerah Sengaja Gunakan Formalin
A A A
JAKARTA - Empat penjual daging ayam yang menggunakan formalin di Pasar Palmerah terancam menjalani hukuman lima tahun penjara. Pasalnya, empat penjual daging ayam tersebut secara sadar dan sengaja menggunakan formali.

Kepala Suku Dinas Pertanian Kelautan dan Ketahanan Pangan (PKKP) Jakarta Pusat Mulyadi mengungkapkan, empat pedagang daging ayam yang menggunakan formalin ialah Rina, Sartinem, Sariyem, Tukiyem. Biasanya mendekati Idul Fitri, lanjut Mulyadi, kebutuhan pokok meningkat, pedagang kerap kali curang.

"Seperti ini kita dapatkan enam pedagang diamankan petugas polisi berikut tahu dan ayam yang mengandung formalin," tegasnya.

Kasubdit Ekonomi Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya AKBP Titi Valentine mengatakan, akan menindaklanjuti temuan tersebut. Untuk penjual tahu, penyidik hanya meminta keterangan untuk selanjutnya ditelusuri lokasi pabrik tahu berformalin tersebut.

Jika sudah ditemukan dan ada penggunaan formalin, pihaknya akan meneruskan laporan ke Satuan Reserse Kriminal untuk dilakukan penggerebekan dan penindakan. "Jika kita menangkap penjual, maka tahu berformalin akan terus beredar, untuk itu akan kita telusuri pabrik pembuatan tahu yang mengandung formalin," tuturnya.

Titi melanjutkan, untuk empat penjual ayam akan dilakukan pemeriksaan intensif, sebab mayoritas dari penjual ayam secara sadar menggunakan formalin agar dagangannya bisa tetap laku terjual.

Titi mengatakan, jika penggunaan formalin dilakukan secara perseorangan maka tidak menutup kemungkinan dikemudian hari akan ada penjual ayam yang akan ditangkap lagi. "Untuk penjual ayam berbeda, mereka secara sadar menggunakan formalin untuk mendapatkan keuntungan, artinya mereka tahu bahwa apa yang dilakukan melanggar UU Perlindungan Konsumen mereka terancam hukuman lima tahun penjara," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9150 seconds (0.1#10.140)