Mudik Lebaran, Polda Terjunkan Pesawat Tanpa Awak

Rabu, 01 Juli 2015 - 02:29 WIB
Mudik Lebaran, Polda Terjunkan Pesawat Tanpa Awak
Mudik Lebaran, Polda Terjunkan Pesawat Tanpa Awak
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menyiapkan lima pesawat tanpa awak untuk memantau jalur mudik di Jabodetabek. Rencananya, kelima pesawat tersebut akan mulai diturunkan saat Operasi Ketupat dimulai.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapudiin Nursin mengatakan, pada pelaksanaan mudik Lebaran ini akan dikerahkan sejumlah drone untuk memantau arus lalu lintas di titik-titik rawan macet. "Drone kita gunakan untuk memantua kemacetan, penggunaan drone ini untuk memudahkan pemantauan," kata Risyapudin, Selasa 30 Juni 2015 kemarin.

ā€ˇRisyapudin menuturkan, padatnya volume kendaraan di jalur mudik kerap kali menyulitkan petugas untuk menembus kemacetan. "Kalau dengan drone kan bisa terlihat titik-titik mana yang macet," tuturnya.

Dengan pantauan lewat drone, petugas akan lebih efektif dalam pengaturan lalu lintas. Artinya, petugas sudah mendapatkan gambaran di mana saja titik-titik rawan macet.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sendiri memiliki lima unit drone. Drone ini nantinya akan digunakan untuk memantau kemacetan di jalur mudik ke arah Jawa dan ke arah Merak, Banten.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5905 seconds (0.1#10.140)