Krisis Yunani Memburuk, Harga Minyak Dunia Jatuh

Senin, 29 Juni 2015 - 11:55 WIB
Krisis Yunani Memburuk, Harga Minyak Dunia Jatuh
Krisis Yunani Memburuk, Harga Minyak Dunia Jatuh
A A A
TOKYO - Harga minyak dunia jatuh di perdagangan Asia awal pekan ini, dengan minyak Amerika Serikat (AS) jatuh di bawah USD59 setelah Yunani melakukan kontrol modal karena kreditor menolak untuk memperpanjang waktu bailout utang.

Minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus turun 81 sen ke USD62,45/barel pada pukul 03.00 GMT atau 11.00 WIB, setelah naik 6 sen menjadi USD63,26/barel pada hari Jumat.

Minyak mentah AS untuk pengiriman Agustus turun 87 sen menjadi USD58,76/barel, dibanding akhir pekan lalu ditutup pada level USD59,63.

Yunani mengambil langkah-langkah untuk mencegah gejolak di sistem keuangan pada hari Minggu, dengan menutup bank dan menerapkan kontrol modal yang membawa prospek terlemparnya Yunani dari zona Eropa. Bursa saham dan mata uang pasar juga jatuh di Asia.

"Sejauh ini, fokus pada pasar minyak dan konsekuensi potensial menurun. Jika situasi menyeret keluar maka akan menurunkan kepercayaan investor," kata Kepala Analis Pasar di CMC Markets Ric Spooner seperti dilansir dari Reuters, Senin (29/6/2015).

Bank-bank di Yunani dan pasar saham akan ditutup hari ini, dan akan dibatasi penarikan uang tunai maksimal 60 euro per hari dari mesin ATM. Bank dan pasar saham akan dibuka kembali pada hari Selasa. Kontrol modal kemungkinan berlangsung selama berbulan-bulan.

Menurut Spooner, investor minyak juga memantau perundingan tentang program nuklir Iran di Wina. Kesepakatan akan mengakhiri kebuntuan nuklir lebih dari 12 tahun antara Iran dan Barat dan membuka peluang untuk menangguhkan sanksi yang telah melumpuhkan perekonomian Iran.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6531 seconds (0.1#10.140)