Takut Berat Badan Naik? Waspada Bisa Jadi Anoreksia Nervosa

Rabu, 08 Februari 2023 - 13:20 WIB
loading...
Takut Berat Badan Naik? Waspada Bisa Jadi Anoreksia Nervosa
Ketakutan terus menerus akan kenaikan berat badan bisa menjadi gejala anoreksia nervosa. Ini adalah gangguan makan yang ditandai dengan berat badan rendah. Foto/Taste It with Tia
A A A
JAKARTA - Ketakutan terus menerus akan kenaikan berat badan bisa menjadi gejala anoreksia nervosa. Kondisi yang juga dikenal sebagai anoreksia ini adalah gangguan makan yang ditandai dengan berat badan yang rendah disertai dengan ketakutan yang kuat untuk menambah berat badan.

Pasien yang menderita anoreksia menempatkan nilai tinggi pada pengendalian berat dan bentuk mereka, yang dalam jangka panjang mempengaruhi kesehatan dan tubuh secara keseluruhan. Pasien yang menderita anoreksia biasanya cenderung sangat membatasi jumlah makanan.

Dilansir dari The Health Site, Rabu (8/2/2023) hal ini bertujuan untuk mengontrol berat badan. Mereka juga mencoba menurunkan berat badan dengan berolahraga berlebihan, dan tidak peduli berapa banyak berat badan yang telah mereka turunkan, akan tetap takut akan kenaikan berat badan.

Namun, anoreksia bukan hanya tentang makanan. Ini adalah cara yang sangat tidak sehat untuk menurunkan berat badan yang dapat mengancam jiwa dan menyebabkan masalah besar di dalam tubuh.



Seorang pasien dengan gangguan ini tidak hanya menderita penurunan berat badan yang ekstrem tetapi juga merasa sulit untuk menjaga masalah mental. Kondisi ditandai dengan gejala yang penting untuk diketahui.

Sebab, deteksi dini dapat membantu mencegah kondisi menjadi lebih buruk. Berikut beberapa tanda dan gejala fisik serta emosional anoreksia.

1. Penurunan berat badan yang ekstrem
2. Jumlah darah abnormal
3. Kelelahan ekstrem
4. Insomnia
5. Pusing
6. Jari kebiruan
7. Penipisan rambut
8. Perubahan siklus menstruasi
9. Dehidrasi
10. Tekanan darah rendah



11. Irama jantung tidak teratur
12. Pembengkakan yang tidak dapat dijelaskan di lengan atau kaki
13. Sangat membatasi asupan makanan
14. Berolahraga berlebihan
15. Mencoba muntah dan mengeluarkan makanan setelah makan
16. Melewatkan makan
17. Penolakan lapar
18. Ketakutan terus-menerus menambah berat badan, tidak nyaman di bawah kulit.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)