Fokus Negosiasi Yunani, Harga Minyak AS Turun Lagi

Jum'at, 26 Juni 2015 - 09:55 WIB
Fokus Negosiasi Yunani, Harga Minyak AS Turun Lagi
Fokus Negosiasi Yunani, Harga Minyak AS Turun Lagi
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia sedikit berubah hari ini di Asia karena investor fokus pada negosiasi antara Yunani dan kreditor untuk mencegah gagal bayar (default) utang negara itu.

Minyak mentah AS untuk pengiriman Agustus turun lagi 5 sen menjadi USD59,65/barel, setelah kemarin turun 57 sen atau hampir 1%.

Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus naik 20 sen ke USD63,40/barel pada pukul 02.00 GMT atau 10.00 WIB setelah mengakhiri sesi sebelumnya turun 29 sen atau 0,5%.

"Pedagang dan investor sangat gelisah terhadap hasil pembicaraan Yunani," kata analis pasar di OptionsXpress Ben Le Brun, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (26/6/2015).

Menteri keuangan zona Eropa akan bertemu pada Sabtu dalam usaha terakhir untuk meraih kesepakatan utang dengan Yunani demi menghindari default utang sebersa USD1,6 miliar oleh Athena kepada Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa pekan depan dan keluarnya Yunani dari zona Eropa.

Kemarin, Yunani kembali gagal menyelesaikan kesepakatan reformasi keuangan di putaran terakhir pembicaraan dengan kreditor, meskipun Presiden Parlemen Eropa Martin Schulz mengatakan bahwa kesepakatan antara Athena dan kreditor akan didapat.

"Sentimen negatif yang berasal dari cukupnya persediaan minyak mentah AS dan produksi yang mencapai rekor membebani investor (setelah harga minyak jatuh pada hari Kamis)," tulis analis AN dalam sebuah catatan.

Le Brun menambahkan, harga minyak mentah AS menghadapi tekanan terbesar dari meningkatnya produksi bensin dan distilat pada pekan lalu. Namun, dia mencatat bahwa Yunani akan menjadi fokus utama pedagang Asia pada hari ini.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1802 seconds (0.1#10.140)