Ratusan Umat Budha Myanmar Tolak Pengungsi Rohingnya

Minggu, 14 Juni 2015 - 18:42 WIB
Ratusan Umat Budha Myanmar Tolak Pengungsi Rohingnya
Ratusan Umat Budha Myanmar Tolak Pengungsi Rohingnya
A A A
NAYPYDAW - Ratusan penganut Budha garis keras dilaporkan melakukan aksi demonstrasi di kota Sittwe, Myanmar. Aksi demontrasi ini merupakan bentuk protes atas kebijakan pemerintah Myanmar terhadap Rohingnya.

Aksi yang dipimpin oleh belasan biksu radikal tersebut merupakan aksi protes atas tindakan pemerintah Myanmar yang menolong para pengungsi Myanmar di Teluk Bengal. Menurut mereka, pemerintah seharusnya tidak mengulurkan tangan bagi para imigran yang terdampar di pantai Myanmar.

Bukan hanya memprotes kebijakan terbaru yang diambil pemerintah Myanmar, aksi yang diikuti oleh setidaknya 500 biksu radikal itu juga menolak ide pengembalian para pengungsi tersebut ke Provinsi Rakhine.

"Kami menyampaikan protes melawan orang-orang Bengal (Rohingya) yang dikirim kembali ke Provinsi Rakhine," kata pemimpin aksi tersebut, Aung Htay seperti dilansir Strait Times pada Minggu (14/6/2015).

Menurut beberapa peserta unjuk rasa, aksi serupa juga terjadi di sedikitnya 10 kota di seluruh Provinsi Rakhine. Warga Rohingnya memang terus tepinggirkan di Myanmar, terlebih saat pemerintah negara tersebut enggan memberikan kewarganeraan, yang membuat etnis Rohingnya menjadi manusia tanpa negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4712 seconds (0.1#10.140)