Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah Sebanyak 7 Kali

Senin, 30 Januari 2023 - 17:24 WIB
loading...
Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah Sebanyak 7 Kali
Sebagai pembuka dan induk dari semua isi Al-Quran, Surat Al-Fatihah memiliki khasiat dan keutamaan luar biasa. Foto/Ist
A A A
Surat Al-Fatihah adalah surat paling istimewa dalam Al-Qur'an. Selain menjadi pembuka kitab suci Al-Qur'an, Surat Al-Fatihah disebut juga Ummul Qur'an (induknya Al-Qur'an).

Sebagai induk dari semua isi Al-Qur'an, Al-Fatihah juga disebut Ummul Qur'an atau pembuka kitab suci Al-Qur'an. Surat ini memiliki khasiat dan keutamaan luar biasa.

Secara bahasa, Al-Fatiḥah artinya pembukaan. Surat ini diturunkan di Mekkah terdiri 7 ayat. Surat ini memiliki ‎139 huruf dan ‎25 kata.

Di antara keutamaan surat ini disebutkan dalam Hadits riwayat Ad-Darimi melalui Abu Sa'id secara marfu.

فَاتِحَةُ الْكِتَابِ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ سُمٍّ

Artinya: "Fatihatul kitab (surat Al-Fatihah) adalah obat penawar bagi segala jenis racun." (HR Ad-Darimi)

Manfaat Membaca 7 Kali
Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali pernah menganjurkan untuk membaca Surat Al-Fatihah sebanyak 7 kali setelah sholat Jumat. Tak hanya Al-Fatihah, beliau juga menganjurkan membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, serta An-Naas.

"Barangsiapa membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas dan Surat Al-Mu'awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) masing-masing 7 kali setelah salam dari sholat Jumat dan sebelum dia melipat kedua kakinya (dalam posisi Tasyahud Akhir), maka diampunilah dosa yang telah diperbuat, diberikan pahalanya orang beriman pada Allah dan Rasul-Nya, serta dijanjikan untuk dijauhkan dari kejelekan hingga Jumat berikutnya."

Selain itu, bagi orang tua yang ingin anaknya menjadi penurut juga bisa mengamalkan membaca Al-Fatihah 7 kali setelah sholat fardhu. Dengan izin Allah, dengan niat yang ikhlas dan mengharap ridho Allah, bacaan tersebut bisa meluluhkan hati dan membuat si anak menjadi penurut.

Khasiat berikutnya, dapat mengobati berbagai luka serta penyebaran racun binatang berbisa seperti sengatan kalajengking. Mengutip e-book berjudul "Intisari Kitab Mujarobat" karya Muhammad Ulin Nuha, caranya dengan membaca Al-Fatihah sebanyak 7 kali. Kemudian meludah kecil ke kapas dan tempelkan pada luka di tubuh.

Kemudian, untuk mencegah racun sengatan kalajengking, caranya dengan mengambil wadah dan diisikan air serta garam, lalu bacakan Al-Fatihah sebanyak 7 kali. Setelah itu, tuangkan air itu ke bagian tubuh yang tersengat kalajengking.

Adapun keutamaan lain dari Surat Al-Fatihah dapat dihadiahkan untuk orang yang meninggal dunia. Dari Ibnu Umar mengatakan, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Ketika salah satu kalian ada yang mati maka janganlah kalian menahannya, segeralah kalian membawanya ke makam dan bacakanlah Al-Fatihah di samping kepalanya." (HR Al-Baihaqi)

Menurut Imam Ahmad bin Hanbali, boleh menghadiahkan pahala bacaan Al-Quran kepada mayit dan itu bisa bermanfaat bagi mayit. Ini pendapat yang mayhur dari beliau.

Demikian beberapa khasiat membaca Surat Al-Fatihah 7 kali. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Keutamaan dan Keistimewaan Surah Al-Fatihah
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)