China Gelar Latihan Militer Dekat Perbatasan Myanmar

Senin, 01 Juni 2015 - 16:20 WIB
China Gelar Latihan Militer Dekat Perbatasan Myanmar
China Gelar Latihan Militer Dekat Perbatasan Myanmar
A A A
BEIJING - Pemerintah China dilaporkan akan segera menggelar latihan militer di dekat perbatasan antara China dan Myanmar. China bahkan disebut akan menyiarkan secara langsung latihan militer tersebut.

Menurut beberapa sumber militer China, yang berbicara dalam kondisi anonim seperti dikutip ABC pada Senin (1/6/2015), latihan perang tersebut rencananya akan digelar pada esok hari, Selasa (2/6/2015).

Rencana latihan perang ini ditakutkan akan semakin memperkeruh hubungan antara China dan Myanmar. Seperti diketahui, kedua negara saat ini sedang dalam ketegangan akibat perebutan wilayah di Laut China Selatan, bersama dengan Filipina, Brunei Darusalam dan Vietnam.

Selain karena faktor isu Laut China Selatan, latihan ini juga diprediksi mampu memperkeruh hubungan kedua negara, karena muncul seiring dengan ketegangan yang berkobar di daerah perbatasan Myanmar. Pemerintah Myanmar tengah berusaha menangani pemberontakan etnis di sebelah timur laut Myanmar, negara bagian Shan.

Sementara itu, Beijing belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai detil dari latihan perang tersebut. Berapa banyak personil yang akan diterjunkan, jenis senjata dan kendaraan militer yang akan digunakan masih menjadi tanda tanya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3376 seconds (0.1#10.140)