AS Bujuk Israel untuk Dukung Negosiasi Nuklir Iran

Jum'at, 29 Mei 2015 - 18:00 WIB
AS Bujuk Israel untuk Dukung Negosiasi Nuklir Iran
AS Bujuk Israel untuk Dukung Negosiasi Nuklir Iran
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dilaporkan sedang berusaha untuk membujuk Israel agar mau mendukung negosiasi nuklir dengan Iran. Untuk membujuk negara yahudi itu, AS akan meningkatkan dana bantuan pertahanan bagi Israel pada 2017.

Hal tersebut disampaikan oleh beberapa pejabat pertahanan AS, dimana mereka sangat menyakini penambahan bantuan ini adalah bentuk diplomasi yang diambil pemerintahan Barack Obama agar Israel tidak menentang kesepakatan program nuklir tersebut.

“Pemerintah AS akan menambah dana bantuan pertahanan bagi Israel sebanyak USD 3,6 miliar setiap tahunnya. Saya pikir kebijakan itu dibuat untuk merayu Israel supaya tidak menentang kesepakatan program nuklir Iran,” ungkap salah seorang pejabat AS yang tidak ingin disebutkam namanya.

Sementara itu, seperti dilansir Guardian pada Jumat (29/5/2015), pemerintah Israel dikabarkan menyambut baik rencana penambahan dana bantuan tersebut, karena mereka memang membutuhkan. Namun, mereka menegaskan hanya akan menerima dana tersebut bila tidak ada maksud lain di baliknya.

“Jika kebijakan AS seperti itu, kami akan menerima dengan tangan terbuka. Namun, keyakinan dan prinsip kami tidak dapat ditukarkan. Kami menilai kesepakatan (program nuklir Iran) itu buruk, dan kami tetap akan melanjutkan sikap itu," ujar Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4752 seconds (0.1#10.140)