Wapres AS: Putin Agresor, Sanksi Baru Harus Disiapkan

Kamis, 28 Mei 2015 - 22:11 WIB
Wapres AS: Putin Agresor, Sanksi Baru Harus Disiapkan
Wapres AS: Putin Agresor, Sanksi Baru Harus Disiapkan
A A A
WASHINGTON - Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden menilai Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai seorang agresor. Dirinya mengecam dengan bahasa paling keras tindakan agresi murni yang dilakukan oleh Rusia, di bawah pimpinan Putin terhadap Ukraina.

Wakil dari Barack Obama itu mengatakan, penting bagi AS untuk memberikan tekanan langsung pada Putin. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak akan ada agresi lanjutan yang dilakukan oleh Rusia di bawah kepemimpinan Putin.

"Kami sedang berusaha untuk memberikan tekanan pada dia juga, dengan harapan dia (Putin) dapat bertindak lebih rasional. Jika tidak berhasil, maka kita akan terus berhadapan dengan tindakan yang kental dengan tanda-tanda agresi murni," kata Biden, seperti dilansir Strait Times pada Kamis (28/5/2015).

AS memang telah berkali-kali menjatuhkan sanki kepada Negeri Beruang Merah itu. Namun, selama ini AS hanya menjatuhkan sanksi kepada para pengusaha, perusahaa, dan pejabat tinggi Rusia saja, mereka belum pernah melakukan "serangan" lansung pada Putin.

Pernyataan Biden ini sendiri datang dikala AS sedang berusaha untuk memperbaiki hubungan tersebut. Dalam beberapa pekan terakhir, AS memang terus menerus mengirimkan pejabat tinggi mereka ke Rusia, untuk membicarkan kelanjutan kerjasama kedua negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4781 seconds (0.1#10.140)