Ini Permintaan Solidaritas untuk Jopi kepada TNI AL

Selasa, 26 Mei 2015 - 20:11 WIB
Ini Permintaan Solidaritas untuk Jopi kepada TNI AL
Ini Permintaan Solidaritas untuk Jopi kepada TNI AL
A A A
JAKARTA - Sejumlah elemen LSM yang membentuk solidaritas untuk Jopi Peranginangin mendesak kepolisian dan TNI AL mengumumkan hasil penyidikan terkait kasus pembunuhan terhadap aktivis lingkungan tersebut.

Desakan ini disampaikan sejumlah LSM seperti AMAN, Greenpeace Indonesia, Kontras, serta beberapa organisasi lingkungan dan sosial lainnya. "Kami mendesak kepolisian untuk mengumumkan hasil proses penyelidikan dan penyidikan yang telah dilakukan terkait kasus Jopi," kata Arif Nurfikri staf Divisi Sipil dan Politik Kontras yang merupakan perwakilan dari organisasi solidaritas untuk Jopi, dalam konferensi pers di rumah AMAN, Tebet Timur Dalam Raya No.11 A, Jakarta Selatan, Selasa (26/5/2015).

Selain itu, Arif juga menyayangkan pernyataan yang terlalu dini terkait pelaku tunggal yang disampaikan oleh pihak TNI AL atas tewasnya Jopi Paranginangin. "Mengingat bahwa proses penyelidikan baru saja dilimpahkan oleh penyidik kepolisian kepada POM AL, serta berdasarkan keterangan dari saksi-saksi di tempat kejadian perkara(TKP) bahwa pelaku tidak hanya satu orang saja, maka kami sangat menyayangkan pernyataan yang terlalu dini terkait pelaku tunggal dalam pembunuhan Jopi," tambahnya.

Dia menilai, pengumuman hasil penyidikan sementara kepada publik penting dilakukan untuk menunjukan adanya keseriusan dan keterbukaan dalam proses hukum dan pengungkapan kasus yang dilakukan oleh pihak berwajib.

"Kami minta, KSAL untuk memerintahkan POM AL melakukan penyidikan dan proses hukum secara transparan dan akuntabel, agar keadilan bagi keluarga korban dapat terpenuhi. Hal ini juga penting, mengingat bahwa proses penyidikan di tingkat kepolisian sudah diserahkan dan dilimpahkan kepada POM AL," ujarnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6046 seconds (0.1#10.140)